Program Adiwiyata SMPN 249




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kekuatan dan kesempatan kepada kami sehingga Program Adiwiyata SMP Negeri 249 Jakarta  dapat tersusun. Program Adiwiyata ini diberlakukan untuk tahun pelajaran 2017-2018 sebagai lanjutan Adiwiyata SMP Negeri 249 Jakarta  tahun pelajaran 2016-2017 yang mendapat penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi. Program Adiwiyata ini memuat Visi, Misi, Tujuan Sekolah, Panitia, Tim Kelompok Kerja, dan regulasi-regulasi terkait dengan pelaksanaannya.
Program Adiwiyata ini dapat terselesaikan berkat dukungan berbagai pihak. Untuk itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih ini kami sampaikan terutama kepada :
1.       Para guru, pegawai dan karyawan SMP Negeri 249 Jakarta  yang telah secara proaktif memberi masukan dan kelengkapan data;
2.       Pengawas sekolah yang telah membimbing penyusunan Program Adiwiyata;
3.       Ketua komite SMP Negeri 249 Jakarta  yang turut serta memberi masukan dan dorongan terhadap terselenggaranya pendidikan di SMP Negeri 249 Jakarta  
4.       Kasi Komisi Perlindungan Lingkungan Hidup (KPLH) yang telah memberikan masukan, arahan dan dorongan untuk terselenggaranya Program sekolah Adiwiyata.
5.       Kasudin Pendidikan Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Barat yang telah memberikan pengarahan dan memfasilitasi terlaksananya Sekolaha Adiwiyata.
6.       Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat yang telah memberikan bantuan material maupun spiritual untuk terlaksananya sekolah Adiwiyata.

Program Adiwiyata ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kritik dan saran serta masukan demi penyempurnaannya sangat kami nantikan dari berbagai pihak. Meskipun begitu, kami berharap bahwa Program adiwiyata ini dapat dijadikan pedoman dalam penyelengaraan pendidikan di SMP Negeri 249 Jakarta  khususnya dan dijadikan acuan dalam melaksanakan Sekolah Adiwiyata.


                              Jakarta, 31 Juli 2017
                              Tim/Panitia Adiwiyata
                              SMP NEGERI 249 JAKARTA









DAFTAR ISI

  Kata Pengantar .............................................................................................................            i
  Daftar Isi .......................................................................................................................           ii


I.   PENDAHULUAN





A.     Latar Belakang .............................................................................................
    1



B.  Tujuan Program Adiwiyata  .........................................................................
    1






II.     TIM, PANITIA, DAN POKJA ADIWIYATA     
               A. Tim Adiwiyata  ...........................................................................................           3

               B. Panitia Adiwiyata  .......................................................................................           3

               C. Kelompok Kerja Adiwiyata  .......................................................................           4



III.   PEMBAHASAN




A. Pengertian Adiwiyata ...................................................................................         5




B. Keuntungan Adiwiyata .................................................................................         5





C.Komponen Adiwiyata ...................................................................................         5




1.          Kebijakan Berwawasan Lingkungan ...................................................          6




2.          Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan ....................................          7




3.          Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif .........................................          7




4.          Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan ..........................          8




   IV.

PENUTUP
  1. Kesimpulan …………………………………………………………..         9
  2. Saran ....................................................................................................         9

















BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam pembukaan UUD 1945, telah dipaparkan bahwa salah satu tujuan dari tujuan nasional adalah memajukan kesejahteraan umum.Untuk mewujudkan tujuan nasional tersebut, maka bangsa Indonesia perlu meningkatkan pebangunan menyeluruh di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor Pendidikan. Pemerintah Indonesia mulai beberapa tahun lalu sudah melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Terbukti dengan besarnya anggarkan untuk sektor pendidikan sebesar 20% dari total APBN. Disamping alokasi anggaran yang besar, secara khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga terus menggenjot kualitas Pendidikan di Indonesia dengan terobosan-terobosan baru yang tentunya selaras dengan tujuan bangsa Indonesia tersebut.
        Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Sekolah sebagai salah satu bagian dalam pendidikan bertugas untuk memberikan muatan pengetahuan dan moral pada anggota masyarakat tanpa membedakan golongan apapun.Saat ini, pendidikan di Indonesia mewajibkan seorang siswa untuk mengenyam bangku pendidikan minimal 9 tahun pendidikan dasar yaitu Sekolah Dasar / sederajat dan SMP/sederajat. Hal ini tentunya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara umum dan meningkatkan kecerdasangenerasi penerus bangsa secara khusus. Untuk mencetak generasi penerus yang unggul dan berkarakter, tidak hanya dengan meningkatkan pengetahuan peserta didik saja dalam proses belajar mengajar, namun juga harus meningkatkan aspek lainnya, mulai dari administrasi sekolah, kepegawaian, pembinaan dan pengembangan keterampilan peserta didik dan kelengkapan sarana prasarana untuk menunjang proses pembelajaran.
        Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang mampu menyediakan kondisi lingkungan yang kondusif bagi anak dalam proses pembelajaarannya. Kondusif dalam artian bukan hanya aman dari segi keamanan tetapi juga sekolah yang ramah lingkungan dan senantiasa peduli dan terlibat serta upaya melestarikan lingkungan yang ada di sekitar sekolah, sehingga di harapkan siswa memiliki kepedulian dan ikut menjaga lingkungan supaya senantiasa asri, teduh, rindang dan sejuk sehingga semua elemen sekolah merasa betah beraktivitas dalam lingkungan sekolah.

B.     Tujuan Program Adiwiyata
Program Adiwiyata ini bertujuan untuk mewujudkan terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan diharapkan sekolah sebagai tempat kegiatan pembelajaran dan penyadaran warga sekolah , sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat menjadi warga masyarakat ikut bertanggung jawab dan terlibat dalam upaya-upaya kegiatan penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan sertamenghindari adanya dampak lingkungan yang negatif.






































BAB II
TIM, PANITIA, DAN POKJA ADIWIYATA

A.       Tim Sekolah Adiwiyata
            Tim Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 249 Jakarta terdiri dari :
  1. Kepala Sekolah
  2. Siswa (Pengurus OSIS)
  3. Guru (dalam bentuk Pokja)
  4. Orang Tua (Komite Sekolah)
  5. Warga Sekolah (Petugas Kebersihan, Petugas Tata Usaha, Pengelola Kantin)
  6. Pemda (Lurah, Kasi Kebersihan, Kasi Pertamanan, Kasi Peternakan)
  7. Masyarakat (Ketua RW dan Pengurus RT)

B.     Panitia Sekolah Adiwiyata
            Panitia Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 249 Jakarta terdiri dari :
  1. Pengarah                                 : Dr. Hj. Kissumi Dwiyananingsih
  2. Penanggung Jawab                 : Agus Kaharudin, M.Pd.
  3. Ketua                                       : Surnata, S.Pd.
  4. Sekretaris                                : Drs. Heri Tri Purwanto
  5. Bendahara                               : Syalpida, S.Ag.
  6. Anggota                                  : - Gabriel Siringo-ringo, S.Pdk.
  - Paiman
  - Suyono, S.Pd.
  - Dwi Hartanto, S.Pd.
  - Asnawi, S.Ag.
  - Wiyatno, S.Pd.
  - Tuhu Eman Susilo, S.Pd.
7. Sekretariat                                 : - Bambang Sumadiyono
                                                        - Kariman Syah
                                                        - Samsudin

Deskripsi Tugas Panitia :
1.   Ketua : Bertanggung jawab penuh atas kesuksesan dalam pelaksanaan Sekolah Adiwiyata.
2. Sekretaris : Bertanggung jawab untuk pembuatan format/berkas, pengetikan artikel/dokumen, pembuatan laporan dan lain-lain.
3. Bendahara : Bertanggung jawab membuat anggaran dana pembiayaan dalam pelaksanaan Sekolah Adiwiyata.
4. Anggota, yang ditunjuk sebagai anggota pada kepanitian di atas adalah bapak/Ibu Kepala Tata Usaha dan Staf. Maka dari itu tugasnya adalah sesuai dengan job description pada jabatan di sekolah masing-masing.
5. Sekretariat : Bertanggung jawb untuk membantu sekretaris untuk pembuatan format, artikel, dokumen serta hal-hal lain yang bersifat administratif

C. Kelompok Kerja Adiwiyata
NO
KELOMPOK KERJA (POKJA)
NAMA GURU/ KARYAWAN
DESKRIPSI TUGAS
1
PENGHIJAUAN
Drs. H. Daryono, M.Pd.
Membimbing siswa :
Abd. Rasyid, S.Pd.
a. Menanam tanaman baru bila diperlukan
Asnawi, S.Ag.
b. Menyiram tanaman baru /tanaman layu
Carlim
c. Memupuk tanaman supaya subur
d. Membuang tanaman pengganggu/menyemprot

e. Memanen atau membuat daya hasil guna, dll.
2
PERTANIAN
Slamet, S.Pd.
Membimbing siswa :
Yurmalina, S.Pd.
a. Menanam sayuran-sayuran
Abdul Rosyid, S.Pd.
b. Menyiram tanaman baru /tanaman layu
c. Memupuk tanaman supaya subur

d. Memanen atau membuat daya hasil guna

e. Mengembangkan hidroponik, dll.
3
PERIKANAN
Didi Mulyadi, S.Pd.
Membimbing siswa :
Soehaemi, S.Pd.
a. Membersihkan Kolam
Sofyan St. Sati
M. Reindana W, S.Pd.I.
b. Menyemaian bibit Ikan

c. Memberikan Umpan

d. Memilah ikan besar dan kecil atau memanen

e. Pendayagunaan hasil panen, dll.
4
TOGA
Sumarsih, S.Pd.
Membimbing siswa :
Wagisah, S.Pd.
a. Menanam toga yang sering dibutuhkan
Wiyatno, S.Pd.
b. Menyiram tanaman baru /tanaman layu
Ni Ketut Ayu E, S.Pd.
c. Memupuk tanaman supaya subur

d. Memanen atau membuat daya hasil guna

e. Membuat minuman/ramuan obat, dll.
5
UKS
Sumiyati, S.Ag.
Membimbing siswa :
Heni Koeswandarti, S.Pd.
a. Memberantas jentik nyamuk (Program 3M)
Dra. B. Tyas Murwati L
b. Memantau kebersihan jamban

c. Membersihkan saluran air
d. Bekerja sama dengan PMR
e. Kegiatan lainnya.
6
KOMPOSTING
Bambang  Sumadiyono
Membimbing siswa :
Komari
a. Pengumpulan sampah organik
Sumardi
b. Penggilingan sampah organik
Karimansyah
c. Penggolongan sampah giling yang dikasih M4

d. Pembungkusan sampah organik yang sudah jadi.
e. Pendayagunaan lain, dll.
7
KANTIN
Drs. Dwi Edi Endarmasto
Membimbing siswa :
Eko Yunianti, S.Pd.
a. Membuat MUO kantin bersih sehat
G. Siringo-ringo, S.Pd.K
b. Mengontrol makanan yang dijual

c. Membersihkan lingkungan kantin

d. Meletakkan peralatan kantin dengan benar
e. Kegiatan lainnya.
8
MADING
Hasnah Saumi, M.Pd.
Membimbing siswa :
Jumadi, s.Pd
a. Mencari bahan/artikel
Witasari, S.Pd.
b. Mengumpulkan  bahan/artikel yang sesuai

c. Menyusun bahan/artikel yang sesuai judul yang diharapkan

d. Menempel mading, dll.
e. Kegiatan lainnya.
9
DAUR ULANG
Nurmaini
Membimbing siswa :
Fatimah Rachman, S.Pd.
a. Mencari bahan-bahan recycle
Muslimah, M.Pd.
Masrukhin, S.Pd.
b. Memilah  bahan-bahan yang sesuai

c. Menyusun bahan untuk product tertentu

d. Menyusun product daur ulang

e. Kegiatan lainnya.
10
SARPRAS
Sri Widayati, S.Pd.
Membimbing siswa :
Suyono, S.Pd.
a. Mendata peralatan untuk sekolah adiwiyata
M. Nurkholis, S.Pd.
b. Pengadaan peralatan sesuai pokja
Syalpida, S.Pd.
c. Mengelompokkan peralatan sesuai pokja

d. Memperbaiki peralatan yang rusak

e. Kegiatan lainnya.
11
BANK SAMPAH
Dwi Hartanto, S.Pd.
Membimbing siswa :
Puji Utami, S.Pd.
a. Mengumpulkan sampah di kelas
Sri Wahyuni, S.Pd.
b. Memilah  sampah sesuai jenisnya
Eko Wiyono
c. Menyetorkan ke Bank Sampah

d. Menghitung timbangan sampah persatuan waktu

e. Kegiatan lainnya.
12
DOKUMENTASI
Tuhu Eman Susilo, S.Pd.
Membimbing siswa :
Yuliyanti, SPd.
a. Melaksanakan dokumentasi setiap kegiatan
Ana Suryanti
b. Mengelompokkan dokumen sesuai pokja
Samsudin
c. Membuat arsip kegiatan yang diperlukan
Hendar, SE
d. Membuat laporan-laporan hasil kegiatan
Paiman
e. Kegiatan lainnya.
13
KEBERSIHAN SEKOLAH
Rumiyatun, S.Pd.
Membimbing siswa :
Kus Indartini Iskak, S.Pd.
a. Membuat jadwal kebersihan kelas/lingkungan sekolah sekolah
Berliana Marbun
b. Mengontrol kebersihan kelas, lantai, jamban, dll.
Kusmiati
c. Mengawasi untuk tidak membawa makanan ke lantai 2, 3 & 4
Bahrun
d. Mengikuti lomba kebersihan kelas bergilir

e. Kegiatan lainnya.
14
PENEGAKAN DISIPLIN
Surnata, S.Pd.
Membimbing siswa :
Drs. Heri Tri Purwanto
a. Menegakkan tata tertib sekolah
Toni Joko P.
b. Melaksanakan visi, misi dan tujuan sekolah

c. Menyelesaikan kasus siswa

d. Meningkatkan kewaspadaan kenakalan remaja

e. Kegiatan lainnya.












BAB III
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Adiwiyata
Kata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) Kata “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna: tempat seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: tempat yang baik dan ideal untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Adiwiyata merupakan satu program yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Lingkungan dan Kelautan untuk memberikan pembinaan dan penghargaan kepada sekolah yang berbasis ranah lingkungan. Saat ini SMP Negeri 249 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang memiliki gelar sekolah Adiwiyata mandiri karena selain telah mampu memenuhi prinsip dan komponen-komponen yang terdapat di dalam persyaratannya, SMP Negeri 249 Jakarta juga telah membina  sekolah lain dalam rangka mengikuti sekolah Adiwiyata.

B. Keuntungan Adiwiyata
1.   Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya.
2.            Meningkatkan penghematan sumber daya dan energi.
3.   Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
4.               Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah
5.               Meningkatkan upaya pencegahan dampak negatif lingkungan dimasa yang akan datang.
6.      Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.
7.               Mendapatkan penghargaan program Adiwiyata.

C.    Komponen dalam Adiwiyata
Program Adiwiyata memiliki prinsip dasar yaitu (1) partisipatif : Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung Jawab, (2) Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif. Program dan kegiatan yang dikembangkan harus berdasarkan norma-norma dasar dan berkehidupan yang meliputi antaralain : Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Dalam kegiatannya Program Adiwiyata memiliki empat komponen yang harus dipenuhi oleh sekolah yang mengikuti kegiatan ini, antara lain:
a. Kebijakan Berwawasan Lingkungan
Sekolah Adwiyata untuk mewujudkan prinsip sekolah yang peduli dan berbudaya Lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah. SMP Negeri 249 Jakarta dapat mewujudkan dengan adanya visi dan misi yang berbasis lingkungan. Visi dan misi disusun oleh Kepala sekolah sebagai penanggung jawab, guru, komite sekolah sebagai wakil dari orang tua peserta didik dan masyarakat. Kebijakan ini dapat diketahui dari sosialisasi yang diadakanoleh pihak sekolah dalam agenda rapat orang tua peserta didik (saat penerimaan raport siswa) dan pada papan visi misi yang terpampang jelas di lingkungan sekolah. Visi, Misi dan Tujuan SMP Negeri 249 Jakarta yang berbasis lingkungan antara ain sebagai berikut:

1)   Visi

“BERTAQWA, BERBUDAYA, BERPRESTASI, BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BERKOMPETISI PADA  ERA   GLOBALISASI”
2)   Misi
1)          Mewujudkan pengamalan ajaran agama sesuai dengan akidah yang diyakininya         
2)         Mewujudkan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan       
3)         Mewujudkan prasarana dan sarana pembelajaran yang memadahi.                    
4)         Mewujudkan Tenaga pendidik dan Kependidikan  mampu berkomunikasi  dengan 
efektif dan efisien                                                             .               
5)         Mewujudkan budaya yang dinamik dan patriotik.                                              
6)         Mewujudkan manajemen yang transparan dan akuntabel.                                  
7)         Mewujudkan lingkungan yang bersih
8)         Mewujudkan lingkungan yang hijau       
9)         Mewujudkan lingkungan yang sejuk
10)     Mewujudkan lingkungan yang  nyaman
11)     Mewujudkan lingkungan sehat
12)     Mewujudkan peserta didik yang mampu bersaing memasuki sekolah lanjutan  

3)   Tujuan Sekolah yang ingin diwujudkan
1)      Menjadikan Sekolah yang sehat
2)      Menjadikan Sekolah yang hijau/Green School
3)      Menjadikan Sekolah yang aman, nyaman, bersih, hijau, sejuk dan sehat
4)      Menjadikan Sekolah yang smart/Intelegent Building
5)      Terlaksananya Kegiatan Pembiasaan,antara lain : tadarus Al Quran, Sholat berjamaah (Sholat Dhuhur, Sholat Dhuha),Kegiatan retret,terlaksananya program 7K,berdoa sebelum dan sesudah belajar,dan bersalaman dengan guru ketika datang dan pulang sekolah.
6)      Terlaksananya pendidikan karakter dalam kehidupan nyata disekolah,di masyarakat dan di rumah.
7)      Terlaksananya program 7K (keamanan, ketertiban , keindahan, kebersihan, kenyamanan, keindahan, kekeluargaan)
8)      Tercapainya tingkat kelulusan 100 % dengan rata-rata > 6,7
9)      Meningkatnya lulusan yang diterima di sekolah  negeri SMA, MA atau SMK dll
10)  Menjuarai berbagai kompetisi akademik atau non akademik tingkat, kecamatan wilayah dan atu propinsi
11)  Terlaksananya pelayanan yang optimal dan maksimal kepada semua pihak.
12)  Tersedianya media pembelajaran yang memadai

b. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan
Implementasi dari komponen pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan diwujudkan oleh SMP Negeri 249 Jakarta dengan menerapkan kurikulum dengan berbasis lingkungan yang berintegrasi pada semua mata pelajaran. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai salahsatu sumber atau belajar. Pengembangan materi, model dan metode belajar yang bervariasi, dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang arti pentingnya lingkungan hidup yang dikaitkan dengan persoalan lingkungan sehari-hari. Program yang diangkat dalam mata pelajaran adalah isu lingkungan yang terdapat di sekitar kehidupan siswa sehari-hari misalnya, kebersihan lingkungan, polusi udara, 5R (reuse, reduce, recycle, replace, replant). Kegiatan pembelajaran yang berbasis lingkungan dilaksanakan oleh guru dengan menggandeng Lembaga yang berpengalaman dibidang lingkungan sebagai narasumber. Siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan, misalny adanya kegiatan nomor absen ramah lingkungan dengan anggota siswa kelas 7, 8, dan 9. Kawan senomor ini berperan dalam kegiatan kedisiplinan dan kebersihan lingkungan. Kegiatan pembelajaran yang berbasis lingkungan dipublikasikan oleh pihak sekolah melalui radio sekolah, majalah dinding (berisi hasil karya siswa atau guru yang mengangkat isu-isu lingkungan
dan alternatif solusi).

c. Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
Salah satu komponen dalam program Adiwiyata adalah adanya kegiatan lingkungan yang berbasis partisipatif. Makna dari komponen ini untuk mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, warga sekolah perlu dilibatkan dalam berbagai aktivitas pembelajaran lingkungan hidup. Selain itu dalam memenuhi komponen ini sekolah diharapkan melibatkan masyarakat di
sekitarnya dalam melakukan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat baik bagi warga sekolah, masyarakat maupun lingkungannya. SMP Negeri 249 Jakarta dalam mewujudkan komponen kegiatan lingkungan berpartisipasi ini menggandeng seluruh warga sekolah untuk berperan aktif dalam merawat lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah dimanfaatkan secara maksimal oleh warga sekolah dengan menciptakan inovasi ramah lingkungan.
Kegiatan dari program ini adalah dengan melibatkan siswa dengan regu piket yang sama dari siswa kelas 7, 8 dan 9 untuk merawat taman/kebun secara bersama-sama. Manfaat dari adanya kegiatan tersebut adalah selain lingkungan yang bersih dan terawat tetapi juga mampu dalam mengurangi tingkat kekerasan antar siswa, karena siswa dengan tingkat lebih tinggi diharapkan mampu membantu siswa dengan tingkat di bawahnya. Selain warga sekolah yang berperan aktif dalam kegiatan merawat lingkungan, pihak sekolah juga menggandeng pihak luar baik instansi, swasta, atau lembaga swadaya masyarakat. Orang tua juga berperan penuh dalam mendukung kegiatan yang diselenggarakan pihak sekolah. Terbukti dengan mereka membantu sesuai kemampuan mereka misalnya dalam bentuk dana sponsor kegiatan reward untuk prestasi siswa, turut membantu merawat lingkungan, sebagai nara sumber dll.

d. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan
Penilaian pada program Adiwiyata bukan hanya tentang kebersihan lingkungan saja tetapi merupakan program yang penilaiannya berkaitan erat dengan seluruh aspek yang terdapat disekolah. Salah satunya bagaimana pihak sekolah dalam mengelola seluruh sarana pendukung di sekolah menjadi ramah dengan lingkungan. Misalkan bagaimana cara mengelola kantin sehingga ramah dengan lingkungan. SMP Negeri 249 Jakarta mengelola kantin dengan membuat peraturan tidak ada makan yang menggunakan bahan plastik, menggunakan bahanyang alami sehingga dapat di daur ulang. Lingkungan sekitar SMP Negeri 249 Jakarta didesain dengan memanfaatkan
prinsip reuse, reduce,recycle, replace, dan replant. Prinsip recycle dapat dilihat pada pengelolaan sampah dengan memanfaatkan sampah organik untuk didaur ulang menjadi pupuk kompos. Prinsip reduce dapat kita ketahui melalui pengelolaan kantin ramah lingkungan. Di kantin ini seluruh makanan yang dijual merupakan makanan sehat tidak mengandung bahan kimia, selain itu bahan pembungkusnya tidak ada yang menggunakan bahan habis sekali pakai atau plastik. Prinsip replace dapat kita lihat pada pemanfaatan botol bekas untuk mediatanam tumbuhan dan media penyaringan air bersih. Prinsip yang kelima replant dapat kita lihat SMP Negeri 249 Jakarta menerapkannya dengan memanfaatkan secara maksimal seluruh area halaman sekolah menjadi petak-petak taman/kebun yang dikerjakan sendiri oleh siswa dengan bimbingan guru. Sanitasi SMP Negeri 249 Jakarta di desain ramah lingkungan dan ramah anak. Hal ini terbukti dari kamar mandi siswa dibangun sesuai dengan komposisi kamar mandi untuk siswa perempuan dan kamar mandi untuk siswa laki-laki setiap lantai dan pengelolaan sanitasi dari kantin ramah lingkungan dibuat menjadi dua buah aliran utama.  Pertama aliran air bekas cuci yang mengandung bahan kimia, dan aliran yang kedua air bekas yang tidak mengandung bahan kimia, aliran air ini dialirkan pada taman atau di resapkan sehingga dapat digunakan kembali sebagai air. Wastafel dibangun dekat area taman dengan tujuan aliran air pembuangannya dapat dimanfaatkan kembali secara langsung untuk menyirami taman yang dirawat oleh siswa secara otomatis.

Tujuan pencapaian akhir dalam program Adiwiyata adalah diharapkan  terbentuk sekolah berwawasan lingkungan. Sekolah berwawasan lingkungan hidup adalah sekolah yang menerapkan nilai-nilai cinta dan peduli lingkungan pada sekolahnya. Pengajaran yang berbasis lingkungan dan kesadaran warga sekolah akan pentingnya lingkungan merupakan bagian terpenting dari sekolah berwawasan lingkungan hidup.





































BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
SMP Negeri 249 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang memiliki gelar sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi yang mampu menerapkan prinsip sekolah Adiwiyata secara utuh dan memiliki komponen-komponen dan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagai sekolah berbasis lingkungan. Upaya pelestarian lingkungan hidup sudah membudaya pada kegiatan sehari-hari warga SMP Negeri 249 Jakarta, siswa terbiasa melakukan penghematan sumber daya dan energi. Suasana sekolah lebih nyaman, kondusif , sehingga menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar. Kegiatan sekolah yang berbasis program Adiwiyata memiliki empat komponen yang harus dipenuhi oleh sekolah yaitu : (1) kebijakan berwawasan lingkungan, (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, (3) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, (4) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Program dan kegiatan yang dikembangkan harus berdasarkan norma-norma dasar dan berkehidupan yang meliputi antara lain: Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

B. Saran
SMP Negeri 249 Jakarta akan terus meningkatkan dan mengokohkan program yang sudah terlaksana dengan baik. Semangat dan kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan Adiwiyata terus di budayakan dengan terus saling memotivasi dan konsisten dengan program-program yang sudah dilaksanakan.
Demikain Program Adiwiyata ini kami susun, tentunya masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kritik dan saran serta masukan dari berbagai pihak sangat kami harapkan untuk penyempurnaan program tersebut.

                                                                                                         Jakarta, 31 Juli 2017
                                                                                                         Kepala SMPN 249 Jakarta


                                                                                                         Agus Kaharudin, M.Pd.
                                                                                                        NIP.196308191990021001









Komentar

  1. saya sangat mendukung program adiwiyata yang diikuti oleh SMPN 249 Jakarta karena sebagai sekolah yang bersih dan hijau,dan sebagai sekolah yang sanagt memperhatikan keberhesiannya
    saya berharap semoga SMPN 249 Jakarta dapat lolos menuju sekolah Adiwiyata TIngkat Nasional

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Pokja Toga